Inilah Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Begini Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Inilah Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Definisi Premi Asuransi

Premi asuransi adalah sejumlah uang yang dibayarkan oleh nasabah sebagai tertanggung kepada perusahaan asuransi atau penanggung. Premi ini sendiri digunakan sebagai bentuk kompensasi atas pengalihan kerugian atau risiko yang terjadi dari waktu ke waktu dan diderita oleh nasabah.

Besaran premi perlu dibayarkan oleh nasabah kepada perusahaan asuransi sesuai dengan keadaan/kondisi dan beberapa hal lainnya. Umumnya jumlah ini juga sangat bervariasi tergantung pada ketentuan yang ditetapkan oleh perusahaan asuransi.

Saat ini ada banyak jenis premi asuransi yang bisa digunakan. Masing-masing jenis ini membutuhkan biaya premi yang berbeda-beda, jadi sebelum memilih salah satunya, coba pahami dulu apa saja jenis-jenisnya.
Beberapa Jenis Premi Asuransi

Setelah memahami definisi premi asuransi, selanjutnya coba pahami berbagai jenisnya. Setidaknya ada lima jenis premi asuransi di Indonesia secara umum. Apa pun? Berikut adalah beberapa di antaranya:

Asuransi Kesehatan

Merupakan jenis premi asuransi yang tujuan pembayarannya adalah untuk memperoleh manfaat asuransi berupa biaya pemeliharaan. Apalagi bila nasabah atau tertanggung membutuhkan perawatan di rumah sakit. Contohnya seperti biaya rawat jalan, rawat inap, dan lain sebagainya.

Asuransi jiwa

Dalam jenis ini, premi asuransi berarti sejumlah dana yang perlu dikeluarkan oleh peserta agar mendapatkan manfaat berupa uang pertanggungan. Uang tersebut akan diberikan kepada ahli waris jika tertanggung meninggal dunia.

Asuransi properti

Seseorang perlu membayar premi asuransi properti untuk mendapatkan perlindungan atas properti yang diasuransikan. Perlindungan ini diperoleh jika terjadi risiko seperti kerusakan harta benda akibat banjir, gempa bumi, kebakaran, dan lain-lain.

Asuransi perjalanan

Sesuai dengan namanya, ketika seseorang mengambil asuransi jenis ini, mereka perlu membayar premi untuk mendapatkan santunan kecelakaan, penggantian biaya pengobatan, penggantian barang yang hilang, penggantian penundaan penerbangan, dan lain sebagainya.

Asuransi Kendaraan/Mobil

Saat menggunakan asuransi jenis ini Anda perlu membayar premi untuk mendapatkan manfaat berupa santunan ketika kendaraan mengalami kerusakan atau kemungkinan buruk lainnya.
Baca juga: Gaji Baru PT Winners Internasional 2022
Berbagai Tujuan Membayar Premi Asuransi

Pembayaran premi pada umumnya memiliki tujuan yang menguntungkan baik bagi pelanggan (tertanggung) dan perusahaan asuransi (penanggung). Sayangnya, tidak semua orang mengerti apa tujuan dari pembayaran premi dari kedua belah pihak. Untuk lebih memahaminya, berikut ulasannya:

Tujuan untuk Penanggung

Tujuan pembayaran premi asuransi bagi penanggung atau perusahaan adalah untuk menghimpun dana dan menyeimbangkan neraca perusahaan. Artinya, seluruh biaya tersebut akan dikelola oleh perusahaan sehingga nantinya dapat memberikan pertanggungan sesuai kebutuhan pelanggan.

Tujuan bagi Tertanggung

Ketika tertanggung atau nasabah membayar premi, tujuannya adalah untuk memberikan jaminan perlindungan terhadap berbagai risiko kerugian. Selain itu, tujuan lainnya adalah sebagai pemerataan biaya.

Hal ini agar nantinya tertanggung tidak lagi harus membayar, menanggung, dan mengganti kerugian yang dialaminya ketika mendapat musibah. Nasabah sebagai tertanggung juga dapat mengalihkan berbagai risiko yang merugikan kepada perusahaan asuransi sebagai penanggung.
Cara Memilih Asuransi Premi Murah dan Bagus

Jika Anda ingin menggunakan asuransi, maka pastikan Anda tidak salah pilih. Sangat penting bagi Anda untuk memilih asuransi yang baik dan premi yang terjangkau. Untuk mendapatkannya, lihat langkah-langkah di bawah ini:

Pertimbangkan Reputasi Perusahaan

Sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara memilih asuransi premi yang murah dan bagus. Sehingga nantinya tidak sembarangan memilih perusahaan asuransi. Pertama, pertimbangkan reputasi perusahaan. Periksa apakah perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi dan rekam jejak yang baik atau tidak.

Tidak ada salahnya memilih perusahaan yang sudah berdiri sejak lama sehingga sangat mudah untuk mengecek track record dan reputasinya. Dengan begitu, saat menggunakan produk asuransi dari perusahaan tersebut, bisa lebih mudah untuk meminimalisir kerugian.

Cek RBC dulu

Apa yang dimaksud dengan RBC? Risk Based Capital (RBC) merupakan rasio solvabilitas yang dapat menunjukkan kesehatan keuangan perusahaan asuransi yang bersangkutan. Tentu saja, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui RBC perusahaan.

Sumber :