Cerita Fabel Pendek Terbaik dengan Pesan Moral

Salam untuk kita semua pada kesempatan kali ini. Ayo, Sinau akan mengulas contoh teks luar biasa pendek dan strukturnya. Struktur tekstual cerita fabel terdiri dari beberapa bagian: orientasi, komplikasi, resolusi dan kode. Kali ini pengurus memberikan perihal sebuah contoh teks fabel yaitu dongeng atau cerita tentang binatang, persahabatan dan binatang. Dari tiap contoh teks tersebut, pesan atau moralitas yang terkandung dalam teks dongeng tersebut dijelaskan.

Cerita-Fabel-Pendek-Terbaik-dengan-Pesan-Moral

 

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman belajar matematika dasar Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

 

Contoh Teks Cerita   Fabel

Berikut ini, administrator telah menyiapkan beberapa contoh teks teks pendek tentang hewan lengkap dan contoh strukturnya.

Contoh 1: Tiga ikan

Contoh teks pendek yang luar biasa ini menceritakan kisah tiga ikan yang hidup di kolam. Silakan gulir ke bawah untuk informasi lebih lanjut.
TIGA IKAN

orientasi

Dahulu kala, ada tiga ikan dalam satu kolam. Sampai suatu sore beberapa nelayan datang ke kolam dan melihat ikan juga. Mereka berkata “kolam ini penuh dengan ikan” dan teman itu menggabungkan kata-kata tersebut dengan “kita belum pernah memancing di sini sebelumnya. Kita harus kembali dengan jaring kita besok pagi dan menangkap ikan ini.”

Komplikasi

Ketika ikan tertua mendengar kata-kata ini dia langsung bersemangat, lalu memanggil ikan yang lain dan berkata, “Apakah kamu mendengar apa yang dikatakan nelayan? Kita harus segera meninggalkan kolam ini. Karena nelayan akan kembali besok pagi dan kita semua Kemudian disambut hangat oleh kedua ikan tersebut, katanya, kamu benar, kita harus meninggalkan kolam ini.

Tapi ikan termuda kemudian tertawa. “Kamu sangat khawatir tanpa alasan,” kami tinggal di kola ini sejak lama dan tidak pernah ada nelayan yang datang ke tempat ini. Mengapa orang-orang ini harus kembali? Saya tidak akan terlalu beruntung, keberuntungan saya akan menyelamatkan saya.

resolusi

Ikan tertua kemudian meninggalkan kolam bersama seluruh keluarga pada sore hari. Ikan kedua melihat nelayan datang dari jauh di pagi hari dan kemudian meninggalkan kolam bersama anggota keluarganya. Ikan ketiga masih berdiri. Kemudian para nelayan kembali dan menangkap ikan yang tersisa di kolam. Keberuntungan ikan ketiga tidak menyelamatkannya – dia ditangkap dan dibunuh juga.

Koda

Ikan yang pertama kali diperhatikan dan diperdagangkan sebelum nelayan kembali, dan ikan yang ditangkap saat nelayan datang dan selamat. Namun, ikan yang lebih percaya pada kebahagiaan mereka dan tidak melakukan apa pun semuanya mati.
Beruang dan lebah

Suatu hari seekor beruang sedang berjalan melalui hutan mencari makanan. Beruang itu ingin mencari buah selama beberapa hari. Secara tidak sengaja ternyata beruang tersebut menemukan pohon yang sedang tumbuh. Namun, pohon tersebut dihuni oleh lebah yang membangun sarang. Kemudian beruang itu penasaran dengan sarang lebah tersebut.

Mulailah beruang mengendus sarang lebah dengan hidungnya. Beruang itu mengamati gua dengan sangat hati-hati. Beruang itu pun berharap agar lebahnya tidak ada di sana sehingga bisa mengambil madu yang ada di sarang lebah.

Namun, saat itu juga malam bagi beruang ketika dia melihat ke dalam sarang. Para Lebas pergi menuju sarangnya, yang usai dari mencari makan dari bunganya. Bagaimanapun, tidak dapat dihindari bahwa ribuan kawanan lebah hanya akan menyerang beruang itu.

Berjuang sangat keras, dia mencoba melawan dan lari ke rumahnya. Namun, kawanan lebah itu justru lebih tangguh dan memanggil lebah dari beberapa sarang lebah di hutan untuk berburu beruang. Hingga akhirnya, beruang tidak bisa melarikan diri dan beruang harus siap digigit oleh segerombolan lebah.

 

  Lihat Juga : Soal dan pembahasan matematika dasar sbmptn