Futsal: definisi, regulasi, teknik, sejarah, posisi, fungsi

Futsal: definisi, regulasi, teknik, sejarah, posisi, fungsi

Pahami futsal

Kata “futsal” berasal dari bahasa Spanyol “futbol” yang artinya sepak bola dan “sala” yang artinya ruang. Futsal Bida artinya sepak bola yang dimainkan di dalam ruangan.

Futsal-definisi-regulasi-teknik-sejarah-posisi-fungsi
Mengerti futsal Menurut para ahli

Kamus futsal pintar

Perasaan futsal adalah bola olahraga yang dimainkan oleh 2 tim yang masing-masing terdiri dari 5 anggota untuk memasukkan bola ke gawang lawan.

Dendy Sugono

Permainan futsal merupakan permainan sepak bola dengan lapangan bermain dan gawang yang lebih kecil dan dimainkan di lapangan yang cukup besar dengan 5 orang pemain.

Justinus Lhaksana

Futsal adalah permainan bola cepat dengan aspek lapangan yang lebih kecil.

Roeslan Hatta

Olahraga futsal merupakan permainan sepak bola mini yang dimainkan dalam ruangan dengan luas lapangan bermain 38 sampai 42 meter dan lebar 15 sampai 25 meter.

John D. tenanglah

Permainan futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing terdiri dari lima pemain. Selain lima pemain utama, setiap tim bisa memiliki pemain cadangan.
Sejarah awal futsal

Pertandingan futsal pertama kali dimainkan di Uruguay pada tahun 1930. Yang memainkan permainan futsal ini adalah seorang pelatih sepak bola asal Argentina bernama Juan Carlos Ceriani.
Sejarah futsal di Amerika Latin

Ada juga yang beranggapan bahwa sejarah permainan futsal berasal dari negaranya, seperti Brazil dan Kanada. Permainan ini bahkan lebih maju dan sekarang telah diatur oleh Asosiasi Sepak Bola Internasional atau lebih umum lagi (FIFA).

Di negara Amerika Latin seperti Brazil, futsal banyak diminati sehingga berkembang pesat dan di negara ini muncul aturan futsal yang hampir sejalan dengan regulasi yang berlaku. Setelah regulasi itu ditetapkan, futsal semakin menyebar ke negara-negara Amerika Latin lainnya bahkan hingga ke seluruh pelosok dunia.
Sejarah futsal di Eropa

Di Italia, sejarah permainan futsal sudah dikenal sejak tahun 1950-an, bermula dari para pemain sepak bola dari Amerika Latin yang saat itu dikontrak oleh tim sepak bola di liga Serie A Italia. Di waktu senggangnya mereka memainkan permainan futsal dan futsal yang diminati oleh masyarakat luas, khususnya Italia.

Berbeda ketika pemain sepak bola di Inggris terbiasa berlatih dalam formasi enam lawan enam di lapangan rumput. Meningkatnya popularitas permainan ini di Inggris, seperti diadakannya turnamen futsal yang saat itu didukung oleh London Express yang merupakan surat kabar harian ternama di London pada saat itu.

Futsal berjalan lebih cepat di Matador atau Spanyol. Ini karena gaya dan gaya permainan sepak bola di Spanyol hampir sama dengan di Amerika Latin. Jadi untuk sementara waktu memainkan game ini di masyarakat di eropa khususnya spanyol.

 

LIHAT JUGA:

 

https://imii.co.id/
https://apartemenjogja.id/
https://bingo.co.id/
https://youtubers.id/
https://lakonlokal.id/
https://pesantrenkilat.id/
https://sorastudio.id/
https://balikpapanstore.id/
https://excite.co.id/
https://technicracy.com/