Ilmuwan Temukan SpongeBob dan Patrick Nyata di Samudra

Ilmuwan kaget menemukan SpongeBob dan Patrick di dunia nyata, begitulah penampakannya

ilmuwan-temukan-spongebob

Sebuah tim ilmuwan kelautan dari National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) dikejutkan dengan kemunculan spons laut kuning (Porifera) bersama dengan bintang laut merah muda (Asteroidea) di kedalaman Samudra Atlantik.

Kedua hewan laut itu mengingatkan para ilmuwan akan karakter kartun SpongeBob SquarePants dan Patrick Star. Spons laut dan bintang laut yang ditemukan sangat mirip dengan dua karakter animasi dari Nickelodeon, dari warna hingga seberapa dekat mereka sebagai teman di kartun.

Christopher Mah, seorang ilmuwan NOAA, mengatakan spons kuning dan bintang laut merah muda itu tertangkap kamera oleh kendaraan yang dikendalikan dari jarak jauh (ROV) yang dikirim oleh Okeanos Explorer NOAA. ROV menjelajahi habitat bawah laut, menyiarkan perjalanan mereka secara langsung, dan memotret penghuninya.

cari untuk memperbesar
Karakter kartun SpongeBob dan Patrick. Foto: Nickelodeon
Kamera ROV menemukan spons kuning dan bintang laut yang unik saat menjelajahi 1,6 km di bawah permukaan Samudra Atlantik, sekitar 321,87 km timur New York City, Amerika Serikat.

“Saya pikir akan menyenangkan untuk membandingkan karakter kartun dengan warna ikonik. Bahkan sebagai ahli biologi yang mengkhususkan diri pada bintang laut, sebagian besar akun Patrick dan SpongeBob salah, ”kata Mah, dikutip Business Insider.

Mah menyatakan bahwa ada lebih dari 8.500 spesies bunga karang dan makhluk ini telah hidup di laut selama 600 juta tahun. Bentuk dan teksturnya bervariasi tergantung pada apakah mereka hidup di pasir lembut atau permukaan berbatu keras. Menurutnya, sangat sedikit yang menyerupai bentuk kotak seperti SpongeBob.
Spons laut berwarna kuning seperti SpongeBob di gambar, kata Mah, tapi termasuk dalam genus Hertwigia. Dia terkejut dengan warna kuning cerahnya, yang tidak biasa untuk spesies laut dalam.
Ilmuwan Terkejut Menemukan SpongeBob dan Patrick di Dunia Nyata, Begini Penampakannya (2)

cari untuk memperbesar
remote control vehicle (ROV) untuk menjelajahi laut terdalam. Foto: Christopher Mah / NOAA
Sementara itu, bintang laut di dekatnya dikenal sebagai chondraster. Ini memiliki lima lengan yang ditutupi dengan cangkir hisap kecil. Dengan bentuk tubuh seperti itu, mereka dapat merangkak di dasar laut dan menempelkan diri pada batu dan organisme lain.

Bintang laut adalah karnivora. Segera setelah mereka menempelkan diri pada kerang, tiram atau siput, hewan itu membuka mulutnya melalui perut dan kemudian menggunakan enzim untuk memecah dan mencerna mangsanya.

Mah menambahkan bahwa spons laut sebenarnya adalah mangsa bintang laut chondra. Jadi makhluk mirip Patrick Star kemungkinan besar mengejar spons kuning yang mirip dengan SpongeBob untuk mendapatkan mangsanya, bukan yang ramah yang digambarkan dalam kartun.
Foto dua hewan laut seperti Patrick dan SpongeBob juga menjadi viral di Twitter setelah dibagikan oleh Mah, dan banyak netizen yang terkesan dengan reaksi foto tersebut. Beberapa pengguna Twitter dengan bercanda berkomentar bahwa kedua hewan itu tiba-tiba terdiam sesaat sebelum kamera muncul.
“Sepertinya kamu tidak tahu mereka diam tepat di depan kamera … mereka seperti FREEZE,” tulis seorang pengguna Twitter.

Sumber :