Kemkominfo pastikan perbaiki fitur cek nomor registrasi

Kemkominfo pastikan perbaiki fitur cek nomor registrasi

Kemkominfo-pastikan-perbaiki-fitur-cek-nomor-registrasi

Direktur jenderal penyedia pos dan informasi Ahmad M Ramli memastikan bahwa partainya akan meningkatkan fungsi untuk memeriksa nomor registrasi, sehingga nantinya setiap operator menyediakan dua saluran layanan baik melalui SMS dan melalui situs web.

“Kami ingin semua operator memiliki dua opsi,” ia menjawab pertanyaan terkait dengan kurangnya operator yang menggunakan fitur SMS untuk memverifikasi nomor pendaftaran dalam diskusi dan diskusi dengan editor di Jakarta pada hari Senin.

Sebagaimana dinyatakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informasi, fitur untuk mendaftarkan nomor cek telah diperkenalkan sehingga masyarakat dapat mengetahui bahwa NIK digunakan untuk berapa banyak nomor ponsel. Diharapkan bahwa masyarakat dapat menggunakan fungsi ini untuk memantau sehingga NIK tidak disalahgunakan.

Menurut Ramli, saat ini ada operator dan sebagian besar situs web dibandingkan dengan pesan teks. Ini karena masalah teknis operator, sehingga tidak ada peningkatan lalu lintas SMS pada saat yang sama dengan pendaftaran. Dikhawatirkan hal ini akan memengaruhi pendaftaran kartu prabayar.

“Jika kita melakukannya hari ini, kita khawatir lalu lintas akan tinggi. Jika tiba-tiba semua orang meminta nomornya, itu bukan pendaftaran, tapi terburu-buru,” katanya.

Namun, menurutnya, pihaknya bertujuan agar operator memiliki dua jalur

untuk memeriksa nomor pendaftaran, baik SMS maupun situs web, sebelum pendaftaran berakhir pada 28 Februari 2018. Saat ini hampir 88 juta kartu nomor prabayar telah didaftarkan.

Ketua Asosiasi Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) Merza Fachys mengatakan pada acara tersebut bahwa fungsi peninjauan selangkah demi selangkah telah disempurnakan.

Pada peluncuran pertama pada November 2017, operator mengambil langkah pertama

yang diharapkan akan diimplementasikan sesegera mungkin. Untuk alasan ini, operator pertama-tama akan melihat SMS dan kemudian mengembangkannya melalui situs web atau sebaliknya, katanya, menjawab pertanyaan tentang betapa pentingnya memeriksa nomor pendaftaran melalui SMS, karena masih banyak daerah yang tidak menerima layanan internet memiliki.

Pada November tahun lalu, Kementerian Komunikasi dan Informasi

menekankan bahwa fungsi nomor cek harus beroperasi sebelum 27 November 2017 untuk mengantisipasi penyalahgunaan LCI.

Di bawah ini Anda akan menemukan tautan situs web, USSD, dan SMS untuk memeriksa nomor yang diberikan oleh masing-masing operator. Telkomsel menawarkan nomor cek melalui situs web https://telkomsel.com/check-prepaid, Kirim Indosat melalui SMS dengan format INFO # NIK ke 4444 atau kirim INFO # MSISDN ke 4444.

 

Baca Juga :