Komunikasi adalah: definisi, jenis, fungsi, tujuan

Komunikasi adalah: definisi, jenis, fungsi, tujuan

Definisi komunikasi

Komunikasi adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi antara dua orang atau lebih secara efektif sehingga dapat dengan mudah dipahami. Menurut KBBI, komunikasi adalah pengiriman dan penerimaan pesan atau pesan dari dua orang atau lebih agar pesan yang dimaksud dapat dipahami.

Komunikasi-adalah-definisi-jenis-fungsi-tujuan

Pahami komunikasi menurut para ahli

Berikut pengertian komunikasi menurut para ahli
1. Everett M. Rogers

Saat berkomunikasi dengan Everett M. Rogers, ide ditransfer dari sumber ke satu atau lebih penerima untuk mengubah perilaku.
2. James A. F. Stoner

Komunikasi James A. F. Stoner adalah proses seseorang berusaha menyampaikan pengertian dan informasi dengan cara menyampaikan pesan kepada orang lain.
3. Prof. Drs. H.A.W. Widjaya
Mgid
Senyum
Veneer ini 300 kali lebih baik dari gigi palsu!
Pelajari lebih lanjut →

Prof. Prof. Drs. H. A. W. Widjaya artinya komunikasi adalah hubungan kontak antara individu dan kelompok.
4. Anderson

Pemahaman Anderson tentang komunikasi terdiri dari serangkaian langkah dalam transmisi niat yang dinamis dan terus berubah sesuai dengan kondisi yang berlaku.
5. Leksikografer

Leksikograf komunikasi adalah usaha keras yang bertujuan untuk memberi dan mencapai kebersamaan. Tujuan yang ingin dicapai oleh kedua belah pihak tercapai ketika mereka berkomunikasi dan memiliki pemahaman yang harmonis tentang informasi yang dibagikan dan diterima bersama.
Lihat juga: √Work Force Is
6. Aristoteles

Komunikasi aristoteles merupakan upaya yang bermanfaat sebagai alat bagi warga negara untuk berperan dalam demokrasi.
7. Diangkat

Pengertian komunikasi yang lebih tinggi adalah proses penyampaian pikiran atau gagasan dan gagasan yang disampaikan secara lisan.
8. Redi Panuju

Redi Panuju artinya komunikasi adalah alur yang melekat pada sistem dan pencapaian antar bagian organisasi yang menghasilkan harmoni.
9. Murphy & Mendelson

Definisi komunikasi Murphy dan Mendelson adalah upaya yang dilakukan untuk memelihara, memelihara, dan membangun hubungan interpersonal.
10. Rogers dan D. Lawrence Kincaid

Komunikasi antara Rogers dan D. Lawrence Kincaid adalah fase ketika dua orang atau lebih saling bertukar informasi, yang pada dasarnya akan mengarah pada saling pengertian yang mendalam.
Jenis komunikasi

Ada berbagai jenis komunikasi. Berikut penjelasannya

1. Komunikasi lisan

Komunikasi verbal adalah komunikasi lisan yang diungkapkan, misalnya melalui kata-kata yang diucapkan seperti pidato, presentasi, diskusi, dan dialog tatap muka. Dalam komunikasi lisan, pengirim informasi membagikan pemikirannya dalam bentuk kata-kata. Nada penutur dan kualitas kata-kata yang digunakan memainkan peran yang sangat penting dalam komunikasi verbal. Saat melakukan transmisi, pembicara harus menggunakan suara yang keras atau nada yang lebih tinggi, dan isi atau isi informasinya jelas sehingga penerima informasi dapat dengan mudah memahami apa yang dikatakan pengirim agar tidak menimbulkan kebingungan dan kesalahpahaman.
2. Komunikasi nonverbal

Komunikasi nonverbal meliputi bahasa tubuh (body language), gerak tubuh (gestur), ekspresi wajah (ekspresi wajah), dan bentuk tubuh (postur). Dengan kata lain, pengirim informasi tidak menggunakan kata-kata untuk menyampaikan sesuatu yang diinginkannya, melainkan dengan menggunakan bahasa tubuh atau ekspresi wajah dan gerak tubuh tertentu untuk menyampaikan informasi.
Lihat juga: √Kantong bola adalah
3. Komunikasi tertulis

Komunikasi tertulis adalah proses penyampaian informasi menggunakan berbagai macam karakter, simbol, gambar dan tipografi. Informasi atau pesan yang ingin Anda sampaikan dapat dicetak atau ditulis dengan tangan.
Fungsi komunikasi

Fungsi komunikasinya adalah sebagai berikut

Pastikan komunikator dapat dipahami oleh komunikator. Oleh karena itu, komunikator perlu menjelaskan pesan utama sejelas dan selengkap mungkin.
Kenali orang lain. Dengan berinteraksi, setiap orang dapat memahami kekhususan satu sama lain dengan keahlian untuk mendengar apa yang dibicarakan orang lain.
Sehingga pendapat kita akan disetujui oleh orang lain. Teknik komunikasi dan persuasi adalah metode untuk membuat ide kita diterima oleh orang lain
Membuat orang lain melakukan apa yang kita inginkan.

Tujuan komunikasi

Tujuan komunikasi tersebut adalah sebagai berikut:

Agar apa yang dikatakan atau disampaikan komunikator dapat dipahami oleh komunikator, sehingga dapat dipahami oleh komunikator.

 

Baca Juga :