Cara memperbaiki Bluetooth hilang dan tidak berfungsi di Windows 10

Cara memperbaiki Bluetooth hilang dan tidak berfungsi di Windows 10

Ada kalanya Bluetooth tiba-tiba menghilang atau tiba-tiba berhenti di Windows 10. Oleh karena itu kita tidak dapat mengirim atau menerima file. Perangkat lain seperti headset bluetooth atau mouse juga tidak dapat berfungsi.

Cara-memperbaiki-Bluetooth-hilang-dan-tidak-berfungsi-di-Windows-10

Dalam posting ini, saya akan membagikan tip tentang cara menangani kesalahan Bluetooth yang umum terjadi di Windows. Namun pertama-tama kita akan mencoba memeriksa terlebih dahulu apa penyebabnya agar lebih mudah memahami cara mengatasinya.

Menyebabkan Bluetooth hilang atau berhenti bekerja di Windows 10

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Bluetooth gagal berfungsi di Windows 10. Biasanya kita menerima notifikasi yang bisa menjadi petunjuk untuk membantu kita mencari tahu apa masalahnya, diantaranya sebagai berikut:

1. Bluetooth tidak tersedia

Jika pesan errornya seperti ini, Windows 10 tidak bisa membaca perangkat bluetooth di laptop kita. Ini mungkin karena sistem yang rusak atau perangkat Bluetooth yang rusak.

2. Bluetooth tidak dapat terhubung

Jika Bluetooth gagal terhubung ke Windows 10, berarti driver di laptop Anda sudah usang sehingga tidak lagi cocok dengan perangkat Bluetooth. Masalah ini juga umum terjadi di antara orang-orang yang baru saja meningkatkan dari Windows 8 ke Windows 10.

3. Bluetooth tidak mengenali perangkat apa pun

Masalah ini terjadi karena Windows 10 tidak dapat menemukan perangkat Bluetooth. Penyebabnya adalah layanan yang dihentikan atau driver yang ketinggalan zaman. Ini juga bisa terjadi setelah memutakhirkan ke Windows 10.
Penyebab icon bluetooth hilang di Windows 10, sehingga file tidak bisa dikirim dan diterima

Di Windows 10, ikon Bluetooth ditampilkan di sudut kanan bilah tugas, lebih tepatnya di kolom dengan ikon bilah tugas.
Ikon Bluetooth untuk Windows 10

Saat bluetooth berfungsi dengan baik, ikon ini biasanya tetap di sana. Namun, ada situasi ketika ikon bluetooth menghilang sepenuhnya di Windows 10 dan fungsi bluetooth mengikuti.

Ini karena layanan bluetooth di laptop kita telah berhenti, penyebabnya mungkin sistem rusak, bentrok dengan aplikasi lain, atau layanan dipaksakan oleh aplikasi seperti pembersih memori atau penguat game (ini cukup jarang, bagaimanapun Kasusnya) .

Jika ikon ini menghilang, kami tidak dapat mengirim dan menerima file melalui Bluetooth di Windows 10. Bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasan di bawah ini, saya akan menjelaskan pada gilirannya solusi apa yang bisa kita coba.
Cara Memperbaiki Bluetooth Hilang dan Tidak Berfungsi di Windows 10

Mengatasi bluetooth yang hilang di Windows 10 itu sulit karena terkadang kita tidak tahu persis dari mana masalahnya. Kami harus mencoba solusi alternatif yang berbeda untuk menemukan solusi yang berhasil.

Berikut beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan bluetooth yang hilang tidak berfungsi di Windows 10:
1. Perbarui driver

Anda dapat mencoba memperbarui driver Bluetooth di Windows terlebih dahulu. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, driver yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan masalah Bluetooth.

Memperbarui driver ini dapat dilakukan secara manual atau menggunakan perangkat lunak pembaruan driver. Tapi saya sarankan melakukannya secara manual karena lebih cepat.

Untuk memperbarui driver bluetooth secara manual di Windows 10, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

Masuk ke Device Manager, Anda dapat langsung mengetik “Device Manager” di bilah pencarian Windows. Setelah masuk ke Device Manager, perluas bagian Bluetooth dan klik kanan pada perangkat Bluetooth di Windows 10> pilih Properties.

Setelah masuk ke jendela Properties, buka tab Details> pilih Hardware IDs> copy dan paste nilainya ke editor. Anda dapat menemukan detail lebih lanjut pada gambar berikut:
Perbarui driver bluetooth

Setelah mendapatkan ID perangkat keras dari bluetooth di laptop kita, kita perlu mengunduh driver secara manual.

Buka browser dan buka http://driverpacks.net/

Tempel ID perangkat keras yang disimpan di editor dan klik Pencarian. Unduh driver versi terbaru dan instal di laptop.
2. Periksa secara manual apakah layanan Bluetooth masih berjalan

Solusi alternatif kedua adalah dengan memastikan bahwa layanan bluetooth tetap berjalan. Jika layanan Bluetooth berhenti karena kesalahan atau konflik dengan aplikasi lain, layanan Bluetooth akan berhenti bekerja.

Solusinya adalah dengan mengaktifkan kembali layanan Bluetooth di Windows 10. Ikuti langkah-langkah berikut:

 

Lihat Juga :