Ternyata musik metal memiliki manfaat kesehatan mental yang besar

Mungkin sudah banyak yang tahu kalau musik bisa mempengaruhi perasaan seseorang. Seperti musik pop romantis saat Anda jatuh cinta. Musik metal memancing agresi dan emosi yang berlebihan. Namun apakah musik juga memiliki pengaruh yang baik bagi kesehatan, khususnya dengan musik metal? Bagaimana musik metal yang rock dan nyaring dan terkadang membuat telinga orang bersuara berdampak baik bagi kesehatan?

Ternyata-musik-metal-memiliki-manfaat-kesehatan-mental-yang-besar

Berikut Ini Telah Kami Kumpulkan Yang Bersumber Dari Laman https://www.chordindonesia.com/ Yang Akhirnya Saya Tuliskan Disini.

Ternyata musik metal memiliki manfaat kesehatan mental yang besar

Menurut penelitian yang dilakukan di berbagai universitas di luar negeri, musik metal memiliki keunggulan dalam membantu pendengarnya lebih memahami diri sendiri. Musik metal sering digunakan sebagai media untuk mengeluarkan emosi. Ini membantu pendengar memiliki kepribadian yang lebih sensitif, atau lebih peka terhadap perubahan yang terjadi dalam dirinya. Ini penting karena kesehatan mental merupakan masalah yang cukup mengkhawatirkan. Musik metal yang bercirikan rocking, keras, serba cepat, dan dinamis juga dapat menjadi sumber inspirasi bagi para pecinta musik metal yang memiliki aktivitas yang cukup aktif dalam kesehariannya.

Di Australia sendiri, penelitian sedang dilakukan tentang bagaimana musik metal

mempengaruhi kesehatan mental, dengan menggunakan kelompok usia muda sebagai partisipan. Dalam penelitian ini diketahui bahwa musik metal dapat merangsang anak muda berusia 18 hingga 34 tahun untuk memproses perasaan dan keadaan emosionalnya dengan cara yang lebih sehat. Dalam studi tersebut, sekitar 39 peserta mengikuti sesi bersama sambil mendengarkan musik metal.

Dalam sharing session yang diiringi alunan musik metal para peserta mampu mengungkapkan keresahannya, mulai dari masalah keuangan hingga pekerjaan, keluarga dan hubungan asmara masing-masing. Sesi bersama dibagi menjadi dua kelompok yang berlangsung selama 10 menit. Kedua kelompok tersebut diberi perlakuan, dengan satu kelompok mendengarkan musik metal sedangkan kelompok lainnya tidak mendengarkan musik sama sekali. Perawatan dilakukan secara bergantian. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dengan mendengarkan musik metal transmisi yang tulus dari partisipan tidak meninggalkan kesan marah. Faktanya, peserta menunjukkan perilaku yang lebih tenang saat mengekspresikan ketakutan yang dirasakan semua orang.

Untuk membuktikan efek kesehatan, khususnya kesehatan mental

yang dihadirkan oleh musik metal, seorang peneliti sengaja datang ke sebuah konser musik metal. Kunjungan peneliti tanpa atribut yang identik dengan musik metal itu sendiri. Setelah konser musik metal yang akan datang tanpa atribut yang melambangkan kipas angin, peneliti menemukan rasa tenang. Ia menemukan bahwa dunia musik metal tidak berbeda. Siapapun bisa diterima asalkan berniat menikmati konser metal itu sendiri. Ia merasa diterima oleh pecinta musik metal lainnya di konser tersebut.

Secara umum, baik metal atau genre musik lain bisa menjadi pilihan yang baik saat memproses keadaan pikiran individu. Ini dapat diwakili dengan baik oleh kata-kata yang diucapkan atau dengan memainkan musik secara dinamis. Musik juga sering menjadi pilihan dalam praktik terapeutik yang membantu orang mengatur emosi mereka sendiri sehingga mereka dapat mengidentifikasi dan memahami perasaan yang mereka alami.

Sedangkan untuk metode terapeutiknya, menurut penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, musik metal dapat membantu pasien dalam meredakan nyeri. Hal ini terjadi karena kekuatan musik dapat menggeser fokus sehingga rasa sakit yang dirasakan sesaat bisa diredakan. Penelitian ini dilakukan pada penderita penyakit kronis. Melalui penelitian ini, ditunjukkan bahwa dengan mendengarkan musik metal setidaknya dua kali sehari, pasien dapat meredakan nyeri saat penyembuhan. Ini juga merupakan terobosan baru dalam proses rehabilitasi. Dengan adanya penelitian ini, musik metal akhirnya bisa menjadi alternatif medis untuk mengurangi penggunaan opioid atau obat penenang dan pereda nyeri, yang dapat membuat ketagihan pada pasien yang sedang dalam masa pemulihan.

Pemrosesan emosi yang lebih baik dari mendengarkan musik metal juga memudahkan orang untuk merasa bahagia. Karena musik metal identik dengan memainkan musik cepat, lagu-lagu tersebut juga bisa menjadi teman baik selama kegiatan olahraga. Komposisi musik yang kencang dan nyaring sepertinya mampu membuat tubuh berlatih lebih giat. Musik metal juga bisa menjadi gangguan yang membuat aktivitas fisik seperti olahraga menjadi kurang terasa

 

  Lihat Juga : chord perlahan