Pengertian, Ciri dan Jenis Budaya Politik Secara Umum

Dalam negara demokrasi sangatlah penting untuk memahami budaya politik karena diharapkan masyarakat Indonesia dapat sepenuhnya terlibat dalam struktur politik.

pengertian-budaya-politik

Keterlibatan masyarakat negara mencerminkan bentuk tujuan sistem politik dan memaksimalkan pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi budaya politik terhadap sistem politik di masyarakat.

Dalam kehidupan budaya politik, masyarakat harus berhadapan dengan ilmu ekonomi, agama, sosial dan ekonomi dalam kehidupan pribadinya yang lebih luas.

Pahami budaya politik menurut para ahli

Terdapat berbagai pendapat para ahli tentang pentingnya budaya politik, diantaranya sebagai berikut:

Miriam Budiardjo

Menurut Mirian Budiardjo, budaya politik adalah keseluruhan dari sudut pandang politik yang mempengaruhi sikap seperti norma, pola orientasi politik dalam kaitannya dengan kehidupan secara umum.

Larry Diamond

Menurut Larry Diamond, konsep budaya politik adalah keyakinan, nilai, gagasan, perasaan, sikap, dan evaluasi masyarakat dalam kaitannya dengan sudut pandang sistem politik negara dan perannya dalam sistem masing-masing individu.

Rusadi Kantaprawira

Budaya politik menurut Rusadi Kantaprawira adalah persepsi dari setiap pola sikap terhadap berbagai masalah politik oleh masyarakat, yang dibawa ke dalam bentuk struktur politik pemerintahan dan masyarakat, karena sistem politik merupakan keterkaitan antar masyarakat dalam kaitannya dengan persoalan-persoalan politik. otoritas dan kekuasaan Mengatur.

Robert Dahl

Menurut Robert Dahl, budaya politik merupakan aspek politik dari suatu sistem nilai yang terdiri dari adat istiadat, mitos, pengetahuan, dan gagasan. Semua aspek ini sebagian besar diakui oleh semua lapisan masyarakat.

Samuel Beer

Menurut Samuel Beer, budaya politik adalah nilai kepercayaan pada faktor-faktor yang menjelaskan pola pemerintahan yang perlu dilaksanakan dengan baik.

Gabriel A. Almond dan G. Bingham Powell, Jr.

Budaya politik, menurut Gabriel A. Almond & G. Bingham Powell, Jr. adalah mengandung nilai-nilai keyakinan, sikap dan keterampilan bagi semua lapisan masyarakat yang terdapat pola-pola tertentu di sebagian masyarakat.

Karakteristik budaya politik

Ada beberapa ciri budaya politik, diantaranya sebagai berikut:

  • Ada beberapa unsur kekuasaan yang berkuasa baik di pusat maupun di daerah.
  • Ada beberapa pedoman pemerintah pusat.
  • Pola perilaku aparatur negara dan pemerintah.
  • Ada beberapa partai politik.
  • Setiap kekuasaan pemerintah memiliki fluktuasi dan tidak ada fluktuasi dalam eksposur kekuasaan.
  • Dalam budaya politik ada keuntungan dan kerugian dari pertanyaan tentang legitimasi.

Jenis budaya politik

Menurut penuturan Rusadi Kantaprawira, terdapat tiga jenis budaya politik, antara lain sebagai berikut:

1. Budaya politik paroki

Budaya politik parokial adalah budaya politik yang minim atau rendah partisipasi dalam politik, karena masyarakat pada umumnya masih bersifat tradisional.

2. Kelas budaya-politik

Budaya politik masa lalu merupakan budaya politik dimana kehidupan masyarakat cenderung berkembang baik secara sosial maupun ekonomi, walaupun masyarakat bersifat pasif namun tetap taat pada hukum yang berlaku.

3. Budaya politik peserta

Budaya politik peserta merupakan budaya politik di mana masyarakat memiliki kesadaran politiknya sendiri karena sekecil apapun partisipasi mereka dalam politik, mereka berperan langsung.

Demikian penjelasan materi tentang makna, ciri dan jenis budaya politik secara umum menurut para ahli
Semoga penjelasan materi ini bermanfaat, terima kasih.

Sumber :