Panduan SEO YouTube Terbaru 2022

Optimalkan pemirsa video YouTube dengan teknik pengoptimalan YouTube

Panduan SEO YouTube Terbaru 2022

1. Tentukan kata kunci
Sama seperti Google atau website, YouTube juga membutuhkan kata kunci berupa kata kunci utama dan kata kunci turunan yang benar dan niche agar pencarian video dapat menempati urutan teratas dalam daftar. Kata kunci harus sesuai dengan konten atau tema video yang diunggah dan disimpan dalam judul video agar orang yang mencari kata kunci tersebut dapat membagikan video yang Anda unggah. Menemukan kata kunci dapat dilakukan dengan mengumpulkannya dari Google dan melihat tren yang sedang ramai di benak publik.
2. Kualitas dan orisinalitas video

YouTube akan menemukan atau mendeteksi video berhak cipta atau plagiarisme video lainnya, yang kemudian akan menghapus video tersebut dan tidak dapat dimonetisasi, mis. H. menghentikan kegiatannya untuk menghasilkan pendapatan. Selain itu, durasi video juga mempengaruhi SEO YouTube karena menentukan apakah konten mudah terindeks oleh kata kunci atau tidak. Hal lain yang dapat dipertimbangkan dalam pengoptimalan YouTube adalah membuat video berdasarkan selera penonton dan memberikan thumbnail serta judul yang menarik dan unik.
Baca Juga : Cara Download Lagu di Youtube dan Google Dengan Mudah
3. Metadata Pengoptimalan SEO YouTube

Selain menempatkan kata kunci di judul, menyusun kata kunci juga harus ditempatkan di deskripsi video agar pencarian video juga menjadi lebih mudah saat memasukkan kata kunci di kotak pencarian. Kemudian, untuk optimasi SEO YouTube selanjutnya, penting untuk memasukkan tag dan hashtag yang tepat sesuai dengan kata kunci dan konten video yang disediakan, sehingga tag tersebut menjadi target pasar yang akan dituju. Judul, deskripsi, tag, dan tagar memainkan peran penting dalam menyediakan kemampuan pencarian terbaik.
4. Promosikan video

Salah satu optimasi SEO YouTube adalah video yang diupload memiliki banyak viewer. Pentingnya peran promosi diri merupakan hal yang perlu dilakukan. Promosi video dan channel YouTube dengan mengirimkan link video dapat dilakukan melalui media sosial yang banyak dibagikan oleh publik seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan Facebook. Semakin gencar promosi yang dilakukan, semakin tinggi pula peluang penonton untuk datang. Kemudian Anda dapat mempromosikannya melalui iklan di YouTube agar lebih banyak video dan saluran yang dilihat oleh pengguna.
5. Lakukan penilaian

Agar optimasi YouTube tumbuh dan video yang diunggah memberikan kepuasan maksimal dalam hal pemirsa dan konten video berkualitas, penting untuk mengevaluasi optimasi SEO YouTube yang dilakukan untuk mengetahui cara meningkatkan dan apa yang harus dipertahankan. Dengan adanya evaluasi ini maka optimasi yang dilakukan dapat bekerja lebih maksimal lagi.

Itulah optimasi youtube yang dapat dilakukan agar video yang diupload ke channel youtube dapat menarik perhatian orang dan menjangkau jumlah penonton yang banyak serta menghasilkan pendapatan channel youtube.

Sumber :