8 Contoh Teks Debat Dalam Bahasa Inggris Terbaik!

8 Contoh Teks Debat Terbaik dalam Bahasa Inggris!

teks-debat

English school – Apakah anda seorang newbie debater yang sedang belajar menjadi seorang debater handal untuk mengikuti sebuah kompetisi? Jika demikian, maka Anda perlu banyak belajar dalam membuat penjelasan dari teks debat Anda.

Nah kali ini admin akan membagikan contoh referensi teks debat bahasa inggris untuk kalian. Silakan lihat:

Tema Gerak: THBT SMK Lebih Baik Dari SMA

Pembicara Pertama Tim Afirmatif:

Saya sangat percaya bahwa SMK lebih baik dari SMA. SMK adalah sekolah di Indonesia yang fokus pada jurusannya untuk menciptakan mahasiswa baru yang memiliki keterampilan dan pengetahuan di jurusannya. SMA adalah sekolah di Indonesia yang hanya fokus pada pengetahuan di jurusannya.

Oleh karena itu, SMK bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih mudah dengan mengambil jurusan sesuai dengan nama dan mottonya “SMK Bisa”. Tetapi siswa SMA perlu melanjutkan studi ke tingkat perguruan tinggi untuk fokus pada jurusan dan daripada mereka bisa mendapatkan pekerjaan dengan itu. Implikasinya, SMK dapat mengubah jenjang pendidikan tinggi dan tercepat baru dalam mencapai solusi terbaik pengangguran di Indonesia.

Pembicara 1 Tim Negatif:

Saya tidak setuju dengan mosi bahwa SMK lebih baik dari SMA. Dengan melihat kualitas pendidikannya SMA memiliki kualitas yang lebih tinggi jauh dari SMK. SMK merupakan program sistem baru yang dibuat oleh pemerintah untuk menyiapkan tenaga kerja baru. Namun nyatanya, kualitasnya berbanding terbalik dengan misi mereka. Tapi Anda bisa melihat sistem SMA di Indonesia. Mereka hanya fokus pada pengetahuan, tetapi sekolah dapat menciptakan kualitas yang baik dari tujuannya sehingga mereka mengambil 85 orang kutipan di tingkat Universitas.

Pembicara Kedua Tim Afirmatif:

Rebuttle: Tidak, saya tidak setuju dengan Anda. Anda berpikir dan mengatakan bahwa kedua sistem itu berbeda. Tapi kemudian Anda mengatakan tujuannya gagal dengan melihat SMK. Anda tidak dapat membandingkan persentase jumlah siswa yang diterima di Universitas dengan persentase lulusan SMK pengetahuan. Anda harus melihat seberapa besar jumlah penjahit dari SMK yang diterima menjadi karyawan di perusahaan!

Saya ingin menyampaikan pidato saya tentang efektivitas SMK dalam menciptakan tenaga kerja yang berkualitas.

SMK mengambil sistem pendidikan yang unik yaitu mereka melakukan akselerasi bagaimana siswa setelah lulus dari sekolah bisa langsung mendapatkan pekerjaan dan berkualitas. Jika melihat SMA itu, mereka butuh 4 tahun lagi untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Artinya SMK lebih efektif dalam menciptakan tenaga kerja baru yang berkualitas dibandingkan SMA.

Pembicara Kedua Tim Negatif:

Rebuttle: Saya tidak setuju dengan materi penyampaian materi afirmatif pembicara ke-2. Entah seberapa besar lulusan SMK yang gagal melamar pekerjaan. SMA juga bisa langsung mendapatkan pekerjaan setelah mereka lulus SMA. Artinya efektivitas penyampaian Anda masih belum masuk akal.

Tapi melihat dari sudut pandang saya, SMA adalah kelulusan dua kali lipat.

Anda dapat dengan mudah melanjutkan ke tingkat universitas lebih mudah dari SMK dan Anda bisa mendapatkan pekerjaan yang Anda inginkan. Artinya, jika Anda gagal dari ujian aplikasi di universitas dan Anda membutuhkan uang. Anda dapat menghasilkan uang untuk melamar di perusahaan.

Begitu banyak perusahaan yang diterima dari mahasiswa baru SMA. Jadi ini membuktikan kepada kita bahwa SMA lebih baik dari SMK.

Ketua Tim Afirmatif ke-3:

Bantahan: Semua materi yang dibicarakan tim negatif adalah konyol dan tidak dapat dianggap sebagai fakta. Mereka tidak mengerti mengapa pemerintah membuat SMK:SMA 60:60 di masa depan pada tahun 2008. Itu hanya karena SMK adalah harapan baru bagi Indonesia dan dapat diterapkan di dunia pendidikan untuk menciptakan mahasiswa baru dan pekerja baru di perusahaan tanpa harus kuliah dulu. derajat.

Jadi dengan melihat tim saya yang mengantarkan kepada Anda sebelum juri, kita mengambil garis merah tentang seberapa bagus SMK untuk mendapatkan pekerjaan lebih mudah daripada SMA dengan jurusan yang mereka miliki. Dan pembicara kedua saya mengatakan bahwa efektivitas siswa SMK menjadi pekerja yang berkualitas. Mari kita bayangkan Siswa SMK jurusan teknik otomotif bisa bekerja sebagai mekanik. Namun siswa dari SMA tersebut tidak dapat bekerja sebagai mekanik bahkan hanya melamar ke perusahaan sesuai dengan kebutuhannya. Artinya sangat efektif.

Pembicara ke-3 Tim Negatif:

Sanggahan: Jika ya SMK lebih baik, mengapa citra kualitas yang baik diambil oleh tingkat SMA. Apakah itu membuktikan Anda? Jadi semua bantahan dari pembicara ke-3 masih belum bisa membuktikan timnya.

Semakin tinggi levelnya semakin tinggi kualifikasinya. Jadi ketika siswa SMA mengambil tingkat yang lebih tinggi pada gelar sarjana. Mereka akan memiliki kualifikasi yang baik untuk bekerja. Oleh karena itu siswa SMK jika bekerja di perusahaan bisa saja jabatan rendah seperti mekanik, penjaga toko, dll. Namun setelah siswa lulusan SMA dari Universitas mereka melamar ke perusahaan mereka bekerja sebagai manajer bengkel (Kepala mekanik ), dan Manajer Toko (pemimpin penjaga toko). Jadi ini membuktikan bahwa SMA lebih baik dari SMK.

Pembicara 4 dari tim negatif:

Dengan melihat sudut pandang tim saya. Kita akan langsung ke garis merah untuk mempelajari seberapa efektif level SMA dalam menciptakan mahasiswa baru yang lebih baik. Jadi waktu untuk hakim adalah milikmu.

Pembicara 4 dari tim afirmatif:

Kami masih sangat yakin bahwa SMK lebih baik daripada SMA karena sistemnya tentang bagaimana tenaga kerja terampil secara efektif dapat diciptakan setelah lulus. Jadi tolong menangkan juri untuk kami.

Semoga Bermanfaat Para Pembaca SBI !!!

Sumber :