√ Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks

Ayo Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Berikut adalah 7 Contoh Teks Deskripsi

√ Ayo, Tingkatkan Imajinasi Pembaca! Ini Dia 7 Contoh Teks

Definisi Teks Deskripsi

Deskripsi adalah jenis tulisan yang menjelaskan dan menggambarkan situasi, objek, atau hal tertentu dengan sangat spesifik. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yang dapat diakses secara online, deskripsi adalah uraian atau penjelasan dengan menggunakan kata-kata sedetail dan sejelas mungkin.

Nah, apa saja isi dari deskripsi tersebut? Deskripsi berisi uraian rinci tentang suatu tempat atau objek sehingga seolah-olah pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan emosi yang terkandung dalam teks. Jadi, Anda perlu mengandalkan kelima indera dalam menulis teks deskriptif.
Fitur Teks Deskripsi

Ada beberapa ciri yang sangat jelas terlihat pada teks deskripsi agar mudah membedakannya dengan jenis tulisan lainnya, yaitu:

Anda harus selalu melibatkan kelima indera dalam penjelasannya, yaitu indra penciuman, indra peraba, indra pendengaran, indra penglihatan.
Penjelasan yang jelas dan rinci tentang sifat dan ciri fisik suatu benda, misalnya warna, bentuk, ukuran, bahkan kepribadian seseorang.
Dalam teks deskripsi terdapat metafora atau bahasa kiasan, misalnya wajahnya seputih salju, mobil ini berlari kencang seperti harimau mengejar mangsanya.
Deskripsi objek dibuat sedetail mungkin dan menggunakan kata-kata khusus. Misalnya keterangan warna, kuning kemerahan, hijau kebiruan.
Gunakan frasa yang memiliki kata benda di dalamnya. Misalnya Pak Ali, guru olahraga yang sangat disiplin.
Anda dapat menggunakan kata kerja transitif untuk memberi tahu subjek. Misalnya, siswa mengenakan seragam putih dan biru.
Penggunaan kata sifat untuk menggambarkan suatu objek. Misalnya, tiga kaos biru, seorang siswa malas mengerjakan pekerjaan rumah.
Anda dapat menambahkan kata keterangan yang berisi informasi tambahan seperti, puasa, di kelas, di pagi hari, di lapangan dan lain-lain.
Teks deskriptif juga dapat menjadi sarana untuk mengungkapkan pandangan Anda dalam bentuk kata kerja, pendapat, dan perasaan. Sebagai contoh, menurut saya Snowy adalah kucing yang cerdas dan manja, saya yakin cerita novel ini bisa menjawab kegelisahan Anda selama ini.
Deskripsi spesifik dalam teks deskriptif dapat mengundang Anda seolah-olah Anda merasakan dan mengalami secara langsung peristiwa yang diungkapkan dalam teks.

Jenis Teks Deskripsi yang sering digunakan
Jenis Deskripsi TeksJenis Deskripsi Jenis Teks

Ada banyak jenis teks deskriptif yang banyak digunakan orang dalam kalimat. Berikut ini adalah beberapa jenis teks deskriptif berdasarkan isi teksnya, antara lain:

Deskripsi imajinatif adalah teks deskriptif yang berisi lukisan atau gambar tempat terjadinya peristiwa. Anda dapat menggambarkan tempat tersebut dari berbagai sudut sehingga tergambar dengan baik dalam perasaan dan pikiran pembaca.
Deskripsi subjektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan suatu objek menurut kesan penulisnya.
Deskripsi objektif adalah teks deskriptif yang menggambarkan objek sesuai dengan kondisi sebenarnya tanpa melibatkan pendapat penulis.
Deskripsi spasial menggambarkan suatu objek berupa benda, tempat, atau ruangan.
Deskripsi faktual adalah teks deskriptif yang dapat membuat pembaca membayangkan keadaan yang sebenarnya dengan mengungkapkan identitas apa adanya.

Setelah mengetahui jenis-jenis teks deskriptif, Anda juga perlu memperhatikan langkah-langkah dalam menyusun teks deskriptif berikut ini:

Untuk mulai menulis teks deskriptif, Anda perlu menentukan tema/topik/objek yang ingin Anda diskusikan.
Kemudian, Anda perlu mengumpulkan data secara online atau melalui pengamatan langsung terhadap objek.
Setelah Anda selesai mengumpulkan data, langkah selanjutnya adalah menyusun outline.
Kali ini kamu bisa membuat teks deskriptif sesuai topik dan garis besar tulisan yang kamu buat tadi.

Contoh Teks Deskripsi

Sebelum melihat contoh-contoh teks deskriptif, alangkah baiknya jika Anda memahami kembali apa itu teks deskripsi dan contohnya? Teks deskripsi menggambarkan objek sedetail mungkin untuk memberikan kesan bahwa pembaca dapat melihat, mendengar, dan merasakan objek tersebut. Misalnya, Ibu baru-baru ini membeli seekor anjing yang sangat lucu, berwarna putih-cokelat, bulunya sangat lembut, dengan hidung pesek bundar.

Lalu, apa contoh kalimat deskriptif? Contohnya sebagai berikut: Kemarin, saya bertemu dan berbincang dengan seorang pria tampan yang mengenakan kaos hitam, jeans biru dan mengendarai sepeda motor alias motor besar.

Sumber :