WA Web: Cara Pakai WhatsApp Web di PC dan Laptop

WhatsApp Web

wa-web

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan yang sangat digemari oleh pengguna smartphone di hampir seluruh belahan dunia. Menariknya, WhatsApp saat ini juga bisa digunakan sebagai WA Web di PC atau laptop.

Jika ingin menggunakan WhatsApp versi web ini, pengguna harus memiliki akun terlebih dahulu di perangkat smartphone. Hanya dengan begitu Anda dapat memindai kode batang secara langsung untuk menggunakan WhatsApp di PC atau laptop yang Anda gunakan.

Apa itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web adalah fungsi WA yang memungkinkan setiap pengguna untuk melakukan sinkronisasi antara smartphone dan PC atau laptop melalui browser. Artinya Anda masih bisa mengakses chat dengan WA di PC atau laptop Anda.

Tentunya WhatsApp versi web ini sangat bermanfaat bagi Anda yang senang menghabiskan waktu di perangkat PC dan laptop. WhatsApp merupakan sarana komunikasi yang sederhana dan efisien terutama bagi para pebisnis.

Misalnya, saat Anda perlu mengirim tugas menggunakan WhatsApp. Menggunakan fitur WA ini tentunya akan lebih memudahkan. Tugas mudah dilakukan dan tujuannya lebih praktis untuk dicapai.

Manfaat menggunakan WhatsApp Web

Aplikasi apapun pasti akan ada plus minusnya. Ini sama dengan WhatsApp Web. Manfaat yang didapat pengguna dari menggunakan WhatsApp sangat besar. Beberapa manfaat tersebut antara lain sebagai berikut.

Hemat lebih banyak waktu

Menggunakan WhatsApp Web ternyata bisa menghemat lebih banyak waktu. Apalagi buat kamu yang punya banyak pekerjaan di depan PC, mis. B. Memasukkan file, membuat dokumen untuk dikirim ke pelanggan.

Saat Anda menggunakan WhatsApp Web seperti ini, Anda tidak perlu membuka ponsel untuk memberi tahu pelanggan. Semuanya bisa dilakukan secara praktis dengan WhatsApp Web.

Masukan cepat

Setiap pengguna dapat mengetik dengan cepat menggunakan WA versi web ini. Mengetik dengan keyboard laptop atau PC tentunya jauh lebih cepat dibandingkan mengetik dengan keyboard ponsel. Kesalahan pengetikan sering terjadi saat mengetik di papan tombol telepon.

Keyboard PC atau laptop cukup lebar dibandingkan dengan keyboard ponsel dengan segala keterbatasannya. Mengetik dengan keyboard yang lebih lebar tentunya akan sangat memudahkan pengguna mengetik kalimat dengan 10 jari.

Mudah digunakan

Selain menjadi aset praktis, WhatsApp Web juga merupakan aplikasi yang sangat mudah digunakan. Ini karena aplikasi ini cenderung lebih berbasis situs. Jadi wajar saja kalau aplikasi ini disebut sangat mudah dan sangat hemat kuota.

Dengan demikian, aplikasi ini mendukung terlepas dari seberapa kecil spesifikasi PC atau laptop yang Anda gunakan. Yang terpenting adalah ponsel cerdas Anda memenuhi kriteria minimum untuk menggunakan WhatsApp Web.

Kirim file dengan cepat dan cepat

Untuk file yang dibuat di PC atau laptop, sangat mudah untuk mengirimnya menggunakan aplikasi ini. Mulai dari Word, Excel, Ppt, dokumen adobe, foto, dll bisa lebih praktis dan dikirim langsung melalui WA.

Jadi, Anda tidak perlu repot memindahkannya ke ponsel agar bisa mengirimkan filenya. Cukup pilih file yang ingin Anda kirim dan langsung klik Kirim ke penerima yang Anda inginkan. Benar kan?

Kontra Menggunakan WhatsApp Web

Jangan disangkal bahwa ada juga kekurangan yang dimiliki WhatsApp Web. Selain kelebihannya, ada juga minusnya yang memberikan informasi detail tentang aplikasi ini sebagai berikut.

Tergantung ponsel

Meskipun sebenarnya digunakan di desktop PC atau laptop melalui internet, WA tetap bergantung pada ponsel. WhatsApp tidak dapat dijalankan sendiri. Layanan WhatsApp mutakhir ini masih perlu terhubung ke akses internet ponsel cerdas Anda.

Karenanya, WA sangat bergantung pada koneksi internet di ponsel. Tanpa ini, WA tidak bisa berjalan dengan baik. Ini menjadi sorotan sebagai salah satu kekurangan WA versi web.

Dapat mengosongkan baterai ponsel

Ini adalah salah satu yang menarik dari daftar kekurangan WhatsApp versi web. Meski WhatsApp jenis ini pada dasarnya digunakan pada desktop PC dan laptop, namun penggunaannya tetap dapat menguras baterai ponsel.

Selama WA masih meminta koneksi internet di ponsel Anda, tentunya bisa terus mengurangi daya baterai. Meski dikatakan sangat nyaman, namun tetap mampu mengurangi masa pakai baterai ponsel.

Tidak dapat digunakan tanpa akses internet yang stabil

Salah satu kelemahan WhatsApp adalah tidak bisa digunakan saat koneksi internet tidak stabil. Jadi jika koneksi internet HP kamu terganggu dan sering terputus dipastikan WA versi webnya tidak berfungsi dengan lancar.

Tidak keberatan bisa mengirim pesan, Anda bahkan mungkin tidak bisa mengetik. Sebelum memilih WhatsApp Web, Anda harus terlebih dahulu memastikan koneksi internet yang stabil.

Panggilan tidak dapat dilakukan

Sayangnya, WhatsApp versi web tidak dapat digunakan untuk melakukan panggilan telepon. Selama ini aplikasi berbasis web ini belum dilengkapi dengan fungsi panggilan baik berupa panggilan biasa maupun dalam bentuk video call.

WhatsApp Web hanya mendukung fungsi untuk mengirim pesan dan file. Jika pengguna ingin melakukan video call atau panggilan biasa, mereka dapat kembali ke ponsel WA atau menginstal aplikasi lain di PC atau laptop yang mereka gunakan.

Begitulah cara mudah dan praktis menggunakan WA Web

Cara menggunakan aplikasi WhatsApp sangatlah mudah. Tapi pertama-tama, pastikan koneksi internet Anda benar-benar lancar. Jangan sampai tersumbat karena dapat mencegah WA ini digunakan.

Cara Penggunaan

Untuk menggunakan WhatsApp, Anda harus memahami beberapa langkah menggunakan WhatsApp sebagai berikut. Selain itu, Anda dapat mengirim pesan atau file lain hampir secara instan.

Pertama, buka browser di PC atau laptop Anda.
Masukkan alamat tautan dari whatsapp.com. Jangan lupa untuk segera menekan Enter.
Buka aplikasi serupa di ponsel Anda.
Klik kolom di bagian atas, lalu klik opsi WhatsApp Web.
Pindai kode batang dari kamera HP ke kode batang di desktop PC atau laptop yang Anda gunakan.
Dalam hal ini, indikator obrolan WA akan ditampilkan dan Anda akan dapat mengirim pesan dengan mudah.

Jalan keluar

Jika Anda tidak lagi menggunakan WhatsApp Web, Anda dapat segera keluar. Ini sangat penting untuk menjaga keamanan akun saat menggunakan aplikasi web di PC atau laptop, terutama dengan aplikasi berstatus publik.

Buka WhatsApp di ponsel Anda.
Klik menu di pojok kanan atas.
Pilih WhatsApp Web.
Ketuk opsi Matikan Semua Komputer.

WA Web pasti akan membuat semua urusan yang berhubungan dengan pekerjaan Anda lebih mudah untuk Anda, baik mengobrol maupun mengirim file tertentu. Untuk memaksimalkannya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan koneksi internet Anda berjalan dengan lancar.

Sumber :